Tuan guru KH. Ismail dilahirkan di Kupang Belangmas sekitar ± 3 km dari
kota Rantau. Ayahanda beliau bernama H. Muhammad bin H. Abdullah
sedangkan ibunda beliau bernama Hj. Fatimah. Tuan guru
H. Ismail di didik dalam lingkungan keluarga yang taat dalam
menjalankan ibadah agama. Kakek Tuan guru H. Ismail yaitu H. Abdullah
mempunyai hubungan keluarga yang sangat dekat dengan Tuan guru KH.
Muhammad, Gadung. Oleh sebab itu Tuan guru H. Ismail mempunyai hubungan
zuriat Datu Gadung Syeikh Salman al-Farisi.
Lingkungan keluarga yang
taat dalam menjalankan ibadah agama sangat berdampak pada perkembangan
pendidikan keagamaan Tuan guru H. Ismail. Mulai kecil beliau sudah
dididik dalam hal keagamaan dan orang tua beliau cukup ketat dalam
memberikan pendidikan agama terhadap anak-anak. Lingkungan keluarga
inilah merupakan salah satu yang dapat mendorong beliau mempunyai ilmu
pengetahuan agama dan menyelesaikan pendidikan agama.
A. Riwayat Pedidikan (mengaji)
Mengaji di Nagara
Kebanyakan orang-orang alim yang berasal dari Tapin imumnya pada
awalnya mengaji di Nagara, Hulu Sungai Selatan. Demikian juga yang
dilakukan oleh tuan guru KH. Ismail, beliau mengaji di Nagara dengan
tuan guru-tuan guru yang berada di Nagara untuk mengaji berbagai
kitab-kitab. Ilmu pengetahuan agama yang dipelajari selama mengaji di
Nagara adalah tauhid, fiqih,tasauf. Setelah beberapa tahun mengaji di
Nagara dengan tuan guru-tuan guru disana untuk mengaji berbagai kitab
yang berhubungan dengan tauhid, fiqih dan tasawuf serta ilmu pengetahuan
agama lainnya. Tuan guru KH. Ismail selama di Martapura juga mengaji
secara khusus dengan mendatangi Tuan guru KH. Abdurrahman (Guru H. Adu)
orang tua Tuan guru KH. Husein Qadri, tunggulirang.
Denga tuan guru
KH. Abdurrahman, beliau banyak mendapatkan ilmu pengetahuan agama dan
lebih mendalami lagi. Untuk memperdalam ilmu pengetahuan agama sangat
diperlukan dengan mendatangi tuan guru-tuan guru secara khusus di rumah.
Sekitar ± 5 tahun beliau mengaji di Martapura, oleh orang tua beliau
dikirim ke Mekkah untuk memperdalam ilmu agama.
Mengaji ke Mekkah
Tuan guru KH. Ismail adalah orang yang merasa tidak puas dengan ilmu
pengetahuan agama yang sudah dimiliki, beliau selalu merasa ilmu
pengetahuan agama yang dimilikimasih kurang dan ingin terus memperdalam
ilmu agama. Oleh sebabitu beliau disuruh oleh orang tua untuk menuntut
ilmu pengetahuan agama di Mekkah. Mengaji di Mekkah tidak berapa lama
karena disebabkan situasi disana yang kacau dengan adanya perang
saudara. Situasi yang kurang menguntungkan inilah bagi warga Negara
asing terutama bangsa Indonesia yang berada di Mekkah untuk kembali ke
tanah air.
Menurut catatan dari Tuan guru KH. Ismail bin H. Muhammad
ketika beliau berada di Mekkah bahwa ada beberapa alim ulama yang tidak
lagi sembahyang di Masjidil Haram. Mereka yang tidak lagi sembahyang di
Masjidil Haram ini berbeda dengan pendapat kaum hawabi yang menguasai
mekkah termasuk Tuan guru KH. Ali al-Banjari zuriat Datu Kalampayan yang
menjadi guru di mekkah tidak mengikuti imam di Masjidil Haram. Ketika
anak tuan guru KH. Ali yaitu tuan guru H. Husein Wali sembahyang di
masjidil haram tidak mengikuti imam melainkan melaksanakan sendiri dan
diikuti oleh murid-murid beliau. Apa yang dilakukan tuan guru KH. Husein
Wali tersebut tersebar di masyarakat mekkah bahwa beliau tidak
mengikuti imam pada waktu sembahyang. Padahal imam yang memimpin
sembahyang di masjidil haram merupakan imam pilihan yang telah ditunjuk
oleh raja.
Atas kejadian ini orang tua beliau KH. Ali al-Banjari
dipanggil oleh raja untuk disidang dan tuan guru KH. Ali meminta agar
imam tersebut juga dihadirkan. Dalam pertemuan tersebut tuan guru KH.
Ali menyampaikan beberapa pertanyaan tentang tauhid kepada imam masjidil
haram . jawaban yang disampaikan oleh imam masjid seolah-olah Tuhan
sama dengan makhluk (manusia) mempunyai tangan dan kaki maka itu
Mujassimah.
B. Mengembangkan syiar Islam
Bidang Dakwah
Tuan guru KH. Ismail telah mengaji dimana-mana, beliau kemudian
mengembangkan ilmu pengetahuan agama dengan membuka pengajian-pengajian.
Di rumah beliau di Kupang Belangmas Rantau membuka pengajian dengan
berbagai kitab yang disampaikan mengenai tauhid, fiqih, tasauf dan
berbagai rukun-rukun. Di samping memberikan pengajian di rumah, beliau
juga memberikan pengajian di langgar-langgar seperti langgar Timbung,
langgar Banua Padang. Tuan guru KH. Ismail dalam memberikan pengajian
sering diselingi dengan hal-hal yang lucu membuat jemaah yang mendengar
menjadi segar tidak merasa jenuh.
Tuan guru KH. Ismail juga
memberikan pengajian kepada masyarakat yang menghajatkan kepada beliau
menyampaikan pengajian agama, selain memberikan pengajian secara rutin.
Dalam meberikan pengajian dilakukan beliau dengan naik sepeda walaupun
daerah yang dituju cukup jauh dan sulit dijangkau
Panitia Pembangunan Mesjid Tajul Qurra Kupang
Tuan guru KH. Ismail merupakan salah satu pemprakarsa pembangunan
mesjid Tajul Qurra di Kupang Rantau . Pembangunan mesjid dikarenakan
masyarakat kupang kalau melaksanakan sembahyang jumat, mereka pergi ke
masyarakat Baiturrahman di Rantau yang berjarak ± 3 km. pada masa itu
mesjid yang ada di sekitar rantau hanya mesjid Baiturrahman yang lainnya
tidak ada. Jauhnya masyarakat kalau melaksanakan sembahyang jumat yang
harus menempuh jarak ± 3 km, maka tuan guru KH. Ismail dengan beberapa
tokoh masyarakat beinisiatif membangun mesjid di Kupang. Keinginan ingin
membangun mesjid di kupang disambut gembira oleh masyarakat dengan cara
bergotong royong mendirikan mesjid. Masyarakat begotong royong membeli
kayu dan bahan bangunan lainnya serta bekerja bersama-sama membangun
mesjid sebagai keinginan mereka. Setelah selesai membangun mesjid dan
mesjid tersebut diberi nama dengan mesjid Tajul Qurra. Khotbah yang
disampaikan setiap shalat jumat menggunakan bahasa arab sama seperti
yang dilakukan di mesjid Keramat, Banua Halat
C. Berpulang ke Rahmatullah
Tuan guru KH. Ismail menunaikan rukun islam yang kelima naik haji ke
mekkah bersama istri beliau pada tahun1957. Pada saat menunaikan ibadah
haji di mekkah, Tuan guru KH. Ismail jatuh sakit dan sempat dibawa ke
rumah sakit. Namun usaha ini tidak dapat menolong beliau dan akhirnya
menghembuskan nafas terakhir dengan usia ± 63 tahun. Tuan guru KH.
Ismail dikuburkan di pemakaman di Mekkah yaitu Mu’ala.
D. Keramat Beliau
Tubuh Masih Utuh
Kekeramatan Tuan guru KH. Ismail dapat ditunjukkan oleh badan beliau
tidak rusak walaupun sudah beberapa tahun meninggal dunia. Hal ini
disampaikan oleh Hj. Amnah yang msih ada hubungan keluarga dengan Tuan
guru KH. Ismail ketika naik haji sempat ziarah ke makam beliau di
Mu’ala. Waktu mereka ziarah masuh diperbolehkan oleh petugas penjaga
makam untuk melihat jasad dan Subhanallah tubuh Tuan guru KH. Ismail
masih utuh dipelihara oleh Allah walaupun sudah beberapa tahun beliau
meninggal dunia.
Menjaga Kampung
Pada masa penjajahan belanda,
bangsa Indonesia di kuasai oleh Belanda mulai pusat sampai ke daerah
tidak kecuali ke daerah Tapin. Suasana menjadi tidak aman, namun daerah
kupang tidak dapat dikuasai oleh Belanda karena apabila ingin memasuki
daerah Kupang melihat seperti lautan . keadaan seperti ini sama dengan
daerah gadung di Kecamatan Bakarangan yang tidak dapat dimasuki oleh
belanda. Tuan guru KH. Ismail memagari kampung kupang dengan doa-doa
agar kampung terhindar dari maksud jahat dari luar
Ada yang Menjaga Rumah
Pernah terjadi pencuri ingin mengambil barang Tuan guru H. Ismail di
rumah pada malam hari. Ketika pencuri ingin memasuki rumah beliau,
pencuri diserang oleh serangga (katikih) sehingga pencuri membatalkan
niatnya untuk mencuri karena tidak mampu memasuki rumah. Kejadian ini
tidak hanya terjadi satu kali saja tetapi setiap kali orang berkeinginan
jahat mengambil barang beliau di rumah tidak dapat memasuki karena
diserang oleh serangga. Hal ini disampaikan oleh pencuri yang sudah
isyaf dan tidak lagi melakukan kejahatan mengambil barang orang lain
yang menceritakan mengenai keramat Tuan guru H. Ismail.
Apa hubungan kekerabatan beliau dengan datu gadung
BalasHapus